Kawasan Industri Indonesia Penerima Program KLIK - Artha Industrial Hill

Kawasan Industri Penerima KLIK di Indonesia

Korsel Segera Bangun Pabrik Kabel Listrik Senilai USD 50 Juta di Indonesia
22 Juni 2018

Kawasan Industri Indonesia

Karawang – perkembangan kawasan Industri memegang peranan penting bagi peningkatan ekonomi yang berdampak juga kepada kesejahteraan masyarakat. Dikarenakan keberadaan kawasan industri dapat menjadi motor penggerak bagi perekonomian rakyat. Banyaknya perusahaan industri baik lokal, asing dan para investor yang tertarik mencari lahan guna memperluas bidang usahanya.

Meengoptimalkan pertumbuhan ekonomi melalui investasi di kawasan industri, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengimplementasikan program Kemudahan Layanan Investasi Langsung Konstruksi  (KLIK) . Program KLIK merupakan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha dan Peraturan Kepala BKPM Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Fasilitas Penanaman Modal.Program ini memudahkan investor untuk berinvestasi langsung di kawasan industri. Diluncurkan tahun 2016, bersamaan dengan layanan izin investasi 3 jam, program ini tidak menetapkan batasan minimal nilai investasi maupun jumlah tenaga kerja dalam program ini, selama investasi dilakukan di kawasan industri yang telah ditetapkan. Tujuan perluasan program KLIK ini memang untuk meningkatkan kemudahan dan memperbesar kesempatan berinvestasi di Indonesia. Diharapkan, sektor industri Indonesia makin strategis dan mampu bersaing di tengah era Industri modern 4.0 ini.

Kemudahan untuk mengurus permohonan investasi melalui program KLIK ini juga merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah untuk mendorong kerja sama yang baik antara pusat dan daerah. Ditambah dengan kecanggihan teknologi yang memungkinkan semua hal yang berhubungan dengan administrasi bisa dilakukan secara online, maka proses investasi bisa dipercepat. Melalui program KLIK ini, investor yang berminat tidak perlu menunggu lama untuk masuk ke tahap konstruksi pabrik atau lainnya, sehingga investor dapat fokus pada rencana pengadaan barang produksi, strategi pemasaran, atau yang lainnya. Hal ini dimungkinkan karena perizinan yang belum diurus bisa diselesaikan sambil berjalan. Semakin cepat proses konstruksi dilakukan, semakin cepat pula proses produksi bisa terjadi.

Dengan berjalannya waktu, secara keseluruhan, di Indonesia sudah terdapat 47 kawasan industri. Seluruh kawasan industri tersebut tersebar di 12 provinsi dan 25 kota/kabupaten dimana salah satunya adalah Artha Industrial Hill merupakan salah satu kawasan industri seluas 390 ha yang terletak di Karawang Barat, Jawa Barat, Indonesia. Artha Industrial Hill menghadirkan area yang ramah lingkungan dengan fasilitas kelas satu yang diperuntukkan bagi industri. Selain itu, Artha Industrial Hill juga membantu untuk memberikan pelayanan bagi penyewa untuk mendapatkan izin dan lisensi dikarenakan Artha Industrial Hill sudah terdaftar di program KLIK pemerintah. Beberapa kawasan industri lain yang terimplementasi oleh KLIK, diantaranya adalah Greenland International Industrial Center (GIIC),Jababeka Tahap III, Kota Bukit Indah Ind. City, kawasan industri Maspion, kawasan industri Tuban, dan sebagainya.

Source :

https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/kawasan-industri

https://ekonomi.bisnis.com/read/20170223/45/631063/fasilitas-klik-bkpm-ini-18-kawasan-industri-baru